3 Cedera Umum Yang Kamu Alami Ketika Berolahraga

Berolahraga merupakan salah satu cara untuk membuat tubuh kita menjadi sehat dan bugar. Namun terdapat dampak yang mungkin kamu alami ketika berolahraga terutama ketika terlalu berat.

Ketika kamu berolahraga terutama dalam porsi yang cukup berat, terdapat dampak yang mungkin kamu alami. Salah satu masalah yang umum kamu alami adalah cedera yang mungkin terjadi pada dirimu.

Mulai kurangnya persiapan atau cara olahraga yang tak tepat, semua hal tersebut bisa jadi penyebab kamu mengalami cedera. Dalam olahraga tertentu, peluang cedera ini mungkin meningkat.

Selama ini olahraga di gym dianggap lebih aman dari cedera dibanding olahraga di luar ruangan. Namun pada kenyataannya, olahraga di gym juga bisa menjadi penyebab munculnya sejumlah cedera.

Terdapat sejumlah masalah kesehatan yang mungkin kamu alami karena olahraga yang mungkin kamu lakukan. Berikut sejumlah cedera yang paling umum dialami ketika berolahraga.

1. Keseleo di Pergelangan

Keseleo atau terkilir merupakan masalah paling umum yang dialami ketika berolahraga. Hal ini biasa terjadi ketika kamu berlari baik di dalam maupun luar ruangan.

Terkilir bisa kamu alami dengan mudah ketika berlari di atas treadmill terutama karena permukaannya yang bergerak. Hal ini bahkan bisa semakin parah ketika kamu terjatuh saat berlari.

2. Sakit di Tulang Kering

Ketika kamu berolahraga terlalu keras mungkin muncul rasa sakit di tulang kering. Hal ini biasanya terjadi ketika terjadi peradangan otot di dalamnya.

Risiko dari masalah ini semakin meningkat ketika kamu berolahraga di permukaan yang tak rata seperti lembah. Peningkatan intensitas olahraga yang mendadak juga bisa menjadi penyebab masalah ini.

Untuk mencegah masalah ini, kamu bisa memilih jenis sepatu yang tepat untuk olahraga yang kamu lakukan. Meningkatkan intensitas olahraga secara perlahan dan melakukan pemanasan bisa menjadi cara terhindar dari masalah ini.

3. Nyeri Punggung Bagian Bawah

Sakit yang mendadak dan menusuk di punggung bagian bawah merupakan hal yang bisa kamu alami ketika berolahraga. Hal ini bisa menjadi penanda bahwa kamu berolahraga secara berlebihan.

Olahraga angkat besi atau squat bisa menjadi penyebab terjadinya masalah ini. Perhatikan cara yang tepat dalam melakukan kedua hal ini agar tidak mengalaminya saat berolahraga.